Muhammad Zuhal

  Rating: 0 ( 0 Votes)
Dikirimkan pada 31 Jul, 2015 | Dibaca: 522 | Nomor Artikel: #0553
Sarankan Laporkan Print Favorit

Prof. Dr. Ir. Muhammad Zuhal, MSc, EE (lahir di Cirebon, Jawa Barat, 5 Mei 1941; umur 74 tahun) adalah seorang ilmuwan dan mantan Menteri Riset dan Teknologi era Kabinet Reformasi Pembangunan serta mantan Direktur Utama PLN.

Kehidupan pribadi

Muhammad Zuhal lahir pada 5 Mei 1941 di kota Cirebon, Jawa Barat, dari seorang ibu yang berdarah Minangkabau dari Padang Pariaman, Sumatera Barat yang keluarganya telah merantau ke Bandung dan Cirebon sebagai pedagang di masa sebelum kemerdekaan, sedangkan ayahnya Abdul Qadir Hasan yang berasal dari Jawa adalah anak dari seorang ulama yang cukup dikenal pada masanya di kota Bandung.

Bersama Azyumardi Azra, Zuhal juga pernah aktif dalam kepengurusan Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Periode 2008 - 2013 sebagai anggota Dewan Pakar.

Karier

Ia juga dikenal sebagai Guru Besar Elektro Teknik yang meniti karier sebagai dosen dan peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI). Pendidikan tingginya ditempuh di ITB, University of Southern California, dan University of Tokyo.

Di bidang Riset dan Pengembangan Teknologi, ia pernah menjabat Kepala [[Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi]] (BPPT) dan Ketua Dewan Riset Nasional (DRN). Di bidang korporat, ia pernah bertugas menjadi Direktur Utama (CEO) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), saat terjadi krisis listrik tahun 1992–1995. Sedangkan sebagai Pejabat Negara, ia diangkat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi (Meneg Ristek) pada Kabinet Reformasi, setelah sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Jendral Listrik dan Pengembangan Energi.

Dengan pengalamannya berkiprah di ranah akademis, bisnis, dan pemerintahan (triple helix) itu,ia merupakan salah seorang pendorong kuat terwujudnya Sistem Inovasi Nasional (SINAS) di Indonesia. Saat ini ia adalah Rektor Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) dan Ketua Komite Inovasi Nasional (KIN).Zuhal adalah Guru Besar Elektroteknik pada Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (FT-UI).

Artikel Terkait