Abdoel Raoef Soehoed

  Rating: 0 ( 0 Votes)
Dikirimkan pada 29 Jul, 2015 | Dibaca: 548 | Nomor Artikel: #0523
Sarankan Laporkan Print Favorit

Dr. Ir. Abdoel Raoef Soehoed (lahir di Batavia, Hindia Belanda, 2 Maret 1920 – meninggal di Jakarta, 7 Juni 2014 pada umur 94 tahun) adalah Menteri Perindustrian Indonesia pada Kabinet Pembangunan III pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Ia juga pernah bertugas sebagai anggota Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) dengan pangkat terakhir Mayor Udara.

Kehidupan pribadi

Meski dilahirkan di Jakarta, namun darah Minangkabau mengalir pada tubuhnya. Kedua orang tuanya adalah perantau asal Minangkabau yang telah menetap di Batavia sejak masa penjajahan Belanda. Setelah pensiun ia banyak berkecimpung dalam kegiatan agama dan sosial masyarakat asal Minangkabau di Jakarta.

A.R. Soehoed meninggal dunia pada hari Sabtu tanggal 7 Juni 2014 di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta. Jenazahnya kemudian dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan.

Pendidikan dan karier

Ia mulai menempuh pendidikan di Technische Hoogeschool (TH) Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung atau ITB) pada tahun 1939, namun karena terjadinya pendudukan Jepang yang kemudian diikuti dengan revolusi kemerdekaan, ia baru bisa meraih gelar Insinyur pada tahun 1951.

AR Soehoed juga pernah menjalani berbagai jenjang pendidikan kepangkatan perwira Angkatan Udara. Ia pernah bertugas di Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) dari tahun 1946 dan mengundurkan diri dari dinas tersebut pada tahun 1956 atas permintaan sendiri sewaktu ia berpangkat Mayor Udara.

Penghargaan

Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya dari Pemerintah RI (1982) 
Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama dari ITB (2012) 

Artikel Terkait